Ketentuan Program Peduli Sesama

1. Setiap konten kegiatan sosial yang ditampilkan dalam situs ini akan direview setiap hari senin. 2. Program akan dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan. 3. Pendonor atau pemberi bantuan adalah secara suka rela dan tanpa paksaan secara iklhas. 4. Pendonor dan relawan mengerti bahwa segala kegiatan ini tanpa ada ikatan baik secara hukum pidana maupun perdata, semata untuk kepentingan sosial. 5. Bila ingin mengajukan program untuk ditampilkan, maupun saran silahkan hubungi contact person, aksarakuning@gmail.com

Job Safety Analysis ( JSA ) - K3

Job Safety Analysis ( JSA ) - K3 - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Job Safety Analysis ( JSA ) - K3, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Job Safety Analysis ( JSA ) - K3
link : Job Safety Analysis ( JSA ) - K3

Baca Juga


Job Safety Analysis (JSA) adalah proses perencanaan kesehatan dan keselamatan kerja yang secara sistematis menguji pekerjaan untuk mengidentifikasi bahayanya, menganalisa resikonya, dan menentukan tindakan pengendalian untuk menurunkan resikonya pada batas yang dapat diterima

TUJUAN POKOK JSA
-          JSA merupakan bagian dari Risk Management (Manajemen Resiko) yang memiliki tujuan pokok mencegah kecelakaan terhadap orang, harta benda dan lingkungan.
-          Memenuhi persyaratan dari Sistim Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja & Lindungan Lingkungan (SMK3LL) , Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko

URUTAN LANGKAH JSA
-          Identifikasi pekerjaan untuk JSA
-          Pekerjaan  dibagi menjadi beberapa langkah kerja
-          Identifikasi bahaya pada setiap langkah kerja
-          Menaksir resiko pada setiap langkah kerja (Gunakan Risk Matrix)
-          Kembangkan cara mengurangi risiko/menghilangkan risiko
-          Cara pengendalian.

MENGAPA JSA HARUS DISIAPKAN?
JSA harus disiapkan, karena JSA merupakan bagian dari sistem Perencanaan Kerja (Job Planning) agar pekerjaan nantinya berlangsung dengan aman sesuai rencana

KAPAN KITA MEMBUAT JSA?
-          Pekerjaan baru dan belum familiar
-          Secara fisik tidak mungkin  untuk sepenuhnya memenuhi prosedur yang ada secara sempurna
-          Tugas yang komplek dan berpotensi  terkait dengan aktifitas lainnya.               
                               
                CONTOHNYA:
          Memasuki ruangan terbatas (Confined Space Entry)
          Mengangkat beban melintasi peralatan proses
          Kerja panas (hot work) di daerah berbahaya

OTORISASI JSA
-          JSA dibuat oleh team yang dipimpin oleh Team Leader. Formulir standard tersedia untuk membuat JSA. Anggota team adalah mereka yang akan melakukan pekerjaan tersebut. Team Leader ditunjuk oleh atasannya (Supervisor/Superintendent). Team Leader harus mendapatkan training JSA sehingga dapat mengarahkan anggota teamnya.

-          JSA yang sudah dibuat oleh team kemudian di check oleh atasan langsung (Supervisor/Superintendent). Bila diperiksa belum aman untuk dilaksanakan maka team harus memperbaiki JSA berdasar masukan dari atasan langsung.

-          JSA yang sudah di check oleh atasan langsung kemudian diperiksa lagi oleh atasan yang lebih tinggi (Superintendent/Manajer) untuk mendapatkan persetujuan (approval). Bila dirasa perlu atasan yang lebih tinggi ini meminta untuk diperbaiki atau menambahkan tindakan pengendalian (control measures) untuk meyakinkan pekerjaan lebih aman lagi.

-          JSA yang sudah disetujui kemudian di digunakan untuk melakukan pekerjaan, copy JSA di file.

-          Team Leader harus melakukan pengarahan JSA kepada pekerja lainnya yang tidak terlibat didalam team agar mereka mengerti dan melaksanakan dengan benar. Pekerjaan tidak boleh dilakukan sebelum semua pekerja yang terlibat memahami JSA.
          Catatan : Otorisasi disesuaikan dengan struktur organisasi yang ada diperusahaan.

CONTOH JSA

APAKAH JSA LAMA DAPAT DIPAKAI?
JSA lama dapat dipakai lagi, dengan syarat:
-          Untuk melakukan pekerjaan yang sama
-          Peralatan yang digunakan tidak berubah
-          Kondisi lingkungan kerja tidak berubah
-          JSA lama ditinjau ulang untuk melihat apakah masih   ada bahaya (hazard) dan pengendaliannya (control measures) yang belum teridentifikasi, atau apakah pengendaliannya masih sesuai.
-          Di check oleh atasan langsung dan disetujui oleh atasan yang lebih tinggi.
-          Yakinkan semua pekerja yang terlibat memahami JSA tersebut.




Mantep kan mas brow artikel :Job Safety Analysis ( JSA ) - K3

,.. Job Safety Analysis ( JSA ) - K3 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Job Safety Analysis ( JSA ) - K3 dengan alamat link http://www.soalpendidikan.com/2016/10/job-safety-analysis-jsa-k3.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Job Safety Analysis ( JSA ) - K3"

Posting Komentar