Ketentuan Program Peduli Sesama

1. Setiap konten kegiatan sosial yang ditampilkan dalam situs ini akan direview setiap hari senin. 2. Program akan dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan. 3. Pendonor atau pemberi bantuan adalah secara suka rela dan tanpa paksaan secara iklhas. 4. Pendonor dan relawan mengerti bahwa segala kegiatan ini tanpa ada ikatan baik secara hukum pidana maupun perdata, semata untuk kepentingan sosial. 5. Bila ingin mengajukan program untuk ditampilkan, maupun saran silahkan hubungi contact person, aksarakuning@gmail.com

Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus

Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel Anak, Artikel informasi, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus
link : Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus

Baca Juga

Ciri-ciri Orang yang memiliki Kecerdasan Emosional (EQ) bagus - Emotional Quotient (EQ) atau biasa disebut dengan kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi, baik emosi dari dirinya sendiri maupun emosi dari orang lain. Semua itu dilakukan dengan tindakan yang konstruktif, yang berkemampuan mempromosikan (meningkatkan) kerja sama sebagai tim yang mengacu pada hasil bukan pada konflik. 

Komponen penentu EQ bagus
ilustrasi by: crackmymba.com

Komponen penentu EQ bagus - Untuk menentukan tingkat kecerdasan emosional (EQ) seseorang tergolong sulit untuk bisa akurat, karena tidak ada ukuran yang pasti seperti untuk mengetahui kecerdasan intelektual (IQ) seseorang yang bisa dilihat dari hasil test inteligensinya. Kecerdasan emosional ini berkaitan erat dengan indra perasa seseorang, oleh karena itu untuk mengetahuinya lebih tepat dapat diukur dengan perasaan (feeling). Namun, sebenarnya kita bisa melihat tingkat EQ seseorang dari beberapa komponent penentunya. Seseorang yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik akan dapat dikenali melalui lima komponen dasar, yaitu sebagai berikut:

Komponent Dasar Penentu Tingkat EQ Seseorang


1. Pengenalan Diri (Self-awareness) - Pengenalan diri ini adalah kemampuan seseorang dalam mengenali emosi dirinya dan penyebab dari pemicu emosi tersebut. Jadi, orang yang memiliki kemampuan emosioal (EQ) bagus dia mampu mengevaluasi dirinya sendiri / menginstropeksi dirinya dan mendapatkan informasi untuk melakukan suatu tindakan koreksi. Orang yang mempunyai sifat pengenalan diri yang baik biasanya mudah untuk bangkit dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

2. Penguasaan Diri (Self-regulation) - yakni seseorang yang mempunyai pengenalan diri yang baik dapat lebih terkontrol dalam membuat tindakan agar lebih hati-hati, akan berusaha untuk tidak impulsif (menuruti hawa nafsu). Orang tersebut bukan menyembunyikan emosinya melainkan dia mampu mengendalikan emosinya. 

3.Motivasi Diri (Self-motivation) - yakni ketika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan rencana, seseorang yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi tidak akan bertanya, "Apa yang salah dengan saya atau kita?" Sebaliknya ia bertanya, "Apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat memperbaiki masalah ini?"

4. Empati (Empathy) - yakni kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengenali dan memahami perasaan orang lain dan merasakan apa yang oran lain rasakan jika dirinya sendiri berada pada posisi tersebut. 

5. Hubungan yang Efektif (Effective relationship) - dengan adanya empat kemampuan tersebut, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain secara lebih efektif. Kemampuan untuk memecahkan masalah bersama-sama lebih ditekankan dan bukan pada konfrontasi yang tidak penting, yang sebenarnya dapat dihindari. Orang yang mempunyai kemampuan intelegensia emosional yang tinggi mempunyai tujuan yang konstruktif dalam pikirannya. 
Baca Juga: Apakah kecerdasan IQ, EQ dan SQ itu?
Seseorang yang memiliki EQ rendah, dapat ditandai dengan hal berikut: Mempunyai emosi yang tinggi, cepat bertindak berdasarkan emosinya, dan tidak sesitif terhadap perasaan orang lain. Mereka biasanya mempunyai kecenderungan untuk menyakiti dan memusuhi orang lain. 
Baca Juga: TIPS meningkatkan Kecerdasan Otak
Dalam hubungan kerja, mereka yang mempunyai EQ tinggi sangat diperlukan, terlebih dalam tim untuk mencapai tujuan tertentu, antara lain:
  1. Kesadaran diri
  2. Pengendalian diri
  3. Motivasi menjadi yang istimewa
  4. Kepekaan terhadap orang lain
  5. Keterampilan sosial 
Sebaiknya orang tua dan para pendidik harus memupuk kecerdasan emosional sejak dini. Namun disayangkan, masih banyak orang yang kurang memahami kecerdasan emosional (EQ) ini. Mereka punya mata hanya untuk melihat tetaapi tidak untuk memperhatikan; punya perasaa hanya untuk merasakan tetapi tidak untuk menyadari; punya telinga hanya untuk mendengar tetapi tidak untuk mendengarkan dan seterusnya.



Mantep kan mas brow artikel :Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus

,.. Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus dengan alamat link http://www.soalpendidikan.com/2016/07/ciri-ciri-orang-yang-memiliki-eq-bagus.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ciri-Ciri Orang yang memiliki EQ bagus"

Posting Komentar