Ketentuan Program Peduli Sesama

1. Setiap konten kegiatan sosial yang ditampilkan dalam situs ini akan direview setiap hari senin. 2. Program akan dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan. 3. Pendonor atau pemberi bantuan adalah secara suka rela dan tanpa paksaan secara iklhas. 4. Pendonor dan relawan mengerti bahwa segala kegiatan ini tanpa ada ikatan baik secara hukum pidana maupun perdata, semata untuk kepentingan sosial. 5. Bila ingin mengajukan program untuk ditampilkan, maupun saran silahkan hubungi contact person, aksarakuning@gmail.com

Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia

Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel PEMBAHASAN SBMPTN KIMIA, Artikel SBMPTN IKATAN KIMIA, Artikel SOAL IKATAN KIMIA, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia
link : Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia

Baca Juga

Pembahasan soal SBMPTN bidang study kimia tentang ikatan kimia ini meliputi beberapa subtopik dalam materi ikatan kimia yaitu elektron dalam ikatan kimia, jenis-jenis ikatan kimia, ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat, ikatan hidrogen, ikatan logam, ikatan Van Der Waals, dan geometri molekul. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam soal SBMPTN bidang study kimia, model soal tentang ikatan kimia yang sering keluar antara lain mengidentifikasi senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi, mengidentifikasi senyawa-senyawa yang dapat membentuk ikatan hidrogen, melihat hubungan titik didih dengan ikatan kimia, mengidentifikasi senyawa yang tidak dapat membentuk ikatan hidrogen antar molekul, mengidentifikasi unsur-unsur yang dapat membentuk ikatan ion, menunjukkan ikatan kovalen koordinasi pada struktur Lewis amonium klorida, dan menentukan zat yang bersifat polar.

Soal 1
Berdasarkan sifat periodik unsur-unsur halogen, HF diharapkan mempunyai titik didih paling rendah dibandingkan dengan HCl, HBr, dan HI. Hal ini disebabkan HF mempunyai ikatan ....
A. Ion
B. Hidrogen
C. Kovalen
D. Van Der Waals
E. Kovalen ion

Pembahasan :
Pada kenyataannya HF memiliki titik didih yang paling tinggi dibanding HCl, HBr, dan HI. Hal itu terjadi karena HF memiliki ikatan hidrogen yang menyebabkan titik didihnya tinggi.

Akan tetapi, jika dilihat dari posisinya di sistem periodik, F terletak pada golongan VIIA paling atas sehingga F termasuk unsur paling ringan dibanding Cl, Br, dan I.

Selain ikatan hidrogen, senyawa HF merupakan molekul kovalen sehingga terdapat ikatan Van Der Waals yang juga berpengaruh terhadap titik didih atau titik lebur senyawa.

Semakin besar massa molekul (Mr) suatu senyawa maka semakin besar pula titik didihnya. Karena F memiliki massa relatif lebih kecil dibanding Cl, Br, dan I, maka diharapkan HF memiliki titik didih lebih rendah.

Jadi, berdasarkan ikatan Van Der Waals diharapkan HF memiliki titik didih rendah tetapi pada kenyataannya titik didihnya tinggi karena adanya ikatan hidrogen.
Jawaban : D

Soal 2
Titik didih H2O lebih tinggi daripada titik didih H2S (Nomor atom O = 8, S = 16).
SEBAB
Molekul H2O dapat membentuk ikatan hidrogen antar molekul

Pembahasan :
Titik didih H2O adalah 100oC sedangkan titik didih H2S adalah -62oC. Titik didih H2O lebih tinggi daripada titik didih H2S karena oksigen memiliki keelektronegatifan lebih besar daripada belerang.

Ikatan H2O sangat polar sehingga terjadi gaya tarik atom yang keelektronegatifannya besar dengan atom H pada molekul lain dan membentuk ikatan hidrogen antar molekul.

Jadi, pernyataan benar alasan benar dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Kimia Jenis dan Sifat Koloid.

Soal 3
Senyawa yang tidak dapat mengadakan ikatan hidrogen antar sesama molekulnya adalah ...
1. Metanol
2. Dietil eter
3. Asam asetat
4. Asetaldehida

Pembahasan :
Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara atom hidrogen pada molekul yang satu dengan atom pasangannya pada molekul yang berbeda. Ikatan ini terjadi jika ada keelektronegatifan yang besar.

Beberapa senyawa yang dapat mengadakan ikatan hidrogen antar sesama molekulnya antaralain air, metanol, dan asam asetat. Ikatan hidrogen menyebabkan senyawa memiliki titik didih tinggi.

Jadi, opsi yang benar adalah 2 dan 4.
Jawaban : B

Soal 4
Empat unsur A, B, C, dan D masing-masing mempunyai nomor atom 6, 8, 17, dan 19. Pasangan unsur-unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah ...
A. A dan D
B. A dan B
C. C dan D
D. B dan C
E. B dan D

Pembahasan :
Ikatan ion adalah ikatan kimia yang terbentuk karena serah terima elektron antar atom. Ikatan tersebut dapat terbentuk di antara:
1. Kation dan Anion
2. Logam dan nonlogam

Langkah pertama kita lihat konfigurasi elektron masing-masing unsur:
6A : 2 4 → Golongan IVA
8B : 2 6 → Golongan IIA
17C : 2  8  7  → Golongan VIIA
19D : 2  8  8  1 → Golongan IA

Ikatan ion dapat terbentuk antara atom-atom dengan perbedaan elektrogenativitas besar misalnya golongan IA atau IIA dengan golongan VIIA.

Jadi, pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah C dan D.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Kimia Sifat Golongan Unsur.

Soal 5
Struktur Lewis senyawa amonium klorida adalah sebagai berikut ...
Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia
Yang menyatakan ikatan kovalen koordinasi adalah nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Pembahasan :
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena memiliki elektron yang digunakan bersama. Berdasarkan asl eketron yang digunakan, ikatan kovalen dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Ikatan kovalen murni
2. Ikatan kovalen koordinat

Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen yang pasangan elektron ikatannya disumbangkan oleh salah satu atom. Dari struktur Lewis senyawa amonium klorida di atas, ikatan kovalen koordinasi ditunjukkan oleh nomor 2.

Pada struktur tersebut dapat kita lihat nomor 2 menunjukkan ada pemakaian elektron atau pasangan elektron ikatan yang berasal dari atom Nitrogen.
Jawaban : B

Soal 6
Zat yang bersifat polar adalah ...
1. BCl3
2. BeCl2
3. CCl4
4. Cl2O

Pembahasan :
Molekul dengan ikatan kovalen nonpolar sudah tentu bersifat nonpolar. Tetapi molekul dengan ikatan polar bisa bersifat polar bisapula bersifat nonpolar bergantung pada bentuk geometri molekulnya.

Jika molekul berbentuk simteris, maka secara keseluruhan molekul itu akan bersifat nonpolar meskipun ikatannya merupakan ikatan polar.

Senyawa BCl3, BeCl2, dan CCl4 merupakan senyawa yang bersifat nonpolar karena bentuknya simetris. Jadi, opsi yang benar hanya 4.
Jawaban : D

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Kimia Lingkungan dan Pencemaran.

Soal 7
Di antara keempat hidrogen halogenida, yang mempunyai titik didih paling tinggi adalah HF.
SEBAB
Molekul-melekul HF membentuk ikatan hidrogen antarsesama molekul.

Pembahasan :
Ikatan hidrogen adalah ikatan kimia yang terbentuk antara atom H dengan atom N, O, dan F. Ikatan hidrogen pada senyawa HF menyebabkan titik didih HF lebih tinggi dibanding hidrogen halogenida lainnya (HCl, HBr, dan HI).

Jadi, pernyataan benar alasan benar dan menunjukkan sebab akibat.
Jawaban : A

Soal 8
Ikatan kovalen koordinasi terdapat pada ...
A. H2O
B. NH4+
C. CH4
D. HF
E. C2H4

Pembahasan :
Senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi adalah NH4+. Ikatan kovalen koordinasi tersebut terjadi antara NH3 dengan H+.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Kimia Konfigurasi Elektron.

Soal 9
Senyawa berikut yang memiliki bentuk molekul segitiga adalah ...
A. CCl4
B. NH3
C. BCl3
D. H2S
E. HCl

Pembahasan :
Berikut beberapa geometri atau bentuk molekul
Bentuk molekulContoh
TetahedronCH4
Segitiga piramidNH3
Segitiga (trigonal)BCl3
Planar VH2O
Segitiga bipiramidPCl5
Bidang empatSF4
Planar TIF3
LinearXeF2
OktahedronSF6
Segiempat piramidIF5
Segiempat planarXeF4

Jadi, senyawa yang memiliki bentuk molekul segitiga adalah BCl3.
Jawaban : B

Soal 10
Protein merupakan biopolimer dari asam amino yang dirangkai oleh ikatan ...
A. Glikosida
B. Peptida
C. Hidrogen
D. Ionik
E. Logam

Pembahasan :
Protein merupakan biopolimer dari asam amino yang dirangkai oleh ikatan peptida yaitu ikatan antara dua molekul asam amino.
Jawaban : B



Mantep kan mas brow artikel :Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia

,.. Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia dengan alamat link http://www.soalpendidikan.com/2016/05/pembahasan-soal-sbmptn-kimia-jenis.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pembahasan Soal SBMPTN Kimia Jenis Ikatan Kimia"

Posting Komentar