Ketentuan Program Peduli Sesama

1. Setiap konten kegiatan sosial yang ditampilkan dalam situs ini akan direview setiap hari senin. 2. Program akan dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan. 3. Pendonor atau pemberi bantuan adalah secara suka rela dan tanpa paksaan secara iklhas. 4. Pendonor dan relawan mengerti bahwa segala kegiatan ini tanpa ada ikatan baik secara hukum pidana maupun perdata, semata untuk kepentingan sosial. 5. Bila ingin mengajukan program untuk ditampilkan, maupun saran silahkan hubungi contact person, aksarakuning@gmail.com

Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel CONTOH SOAL, Artikel MATEMATIKA DASAR, Artikel RUMUS MATEMATIKA SD, Artikel RUMUS MATEMATIKA SMP, Artikel Tips, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
link : Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

Baca Juga

Jika di dalam postingan sebelumnya Rumus Matematika Dasar sudah memberikan pembahasan tentang Cara Mudah Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai maka di dalam postingan kali ini kita juga akan belajar mengenai materi perbandingan yaitu perbandingan senilai. Di sini akan dijelaskan mengenai tips-tips dan Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai. Silahkan kalian baca dengan cermat serta perhatikan dengan seksama langkah-langkah untuk mengerjakan soal perbandingan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian perhatikan:

1. Pertama-tama kalian harus mencari bilangan pengali yang didapatkan dari angka real yang telah diketahui kemudian dibagi dengan angka perbandingan (bilangan pengali = angka real : angka perbandingan)  

2. Buatlah tabel yang terdiri atas 4 kolom, meliputi: yang dicari, angka perbandingan, bilangan pengali, serta angka real. 

3. Masukkan angka perbandinganyang akan kalian cari angka realnya pada kolom angka perbandingan,

4. Kalikan bilangan pengalidengan angka perbandingan agar bisa didapatkan angka real (angka real = angka perbandingan x bilangan pengali)

Jika kalian masih bingung dengan langkah-langkah di atas, mari coba kita praktekkan langsung untuk mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini:

Cara Mudah Mengerjakan Soal Perbandingan Senilai


Contoh Soal 1:

Perbandingan umur Arya dengan umur Ibu adalah 3 : 9. Apabila umur Ibu adalah 45 tahun, maka:

a. Berapakah umur Arya?
b. Berapa jumlah umur keduanya?
c. Berapakah selisih umur mereka?

Penyelesaiannya:
di dalam soal ini, umur ibu merupakan angka real, yaitu 45 tahun. Sedangkan angka pembandingnya adalah 9. Maka, bilangan pengalinya adalah angka real : angka pembanding = 45 : 9 = 5. 

Lalu kita masukkan ke dalam tabel:
Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
Jadi:
a. Umur Arya = 15 tahun
b. Jumlah umur keduanya = 60 tahun
c. Selisih umur mereka = 30 tahun

Contoh Soal 2:

Pak Wayan menjual buah Jambu, Manggis, dan Mangga dengan perbandingan 4 : 6 : 12. Apabila selisih buah Mangga dan Manggis adalah 36 buah, maka hitunglah:

a. jumlah buah jambu
b. jumlah buah manggis
c. jumlah buah mangga
d. jumklah seluruh buah yang dijual
e. selisih buah manggis dengan jambu
f. selisih buah mangga dengan jambu

Penyelesaiannya:
Bilangan pengali = angka real : angka perbandingan
Bilangan pengali = 36 : (perbandingan manga dan manggis) = 36 : (12 – 6) = 32 : 6 = 6

Mari kita buat tabelnya:
Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
Jadi:
Jumlah buah jambu = 24
Jumlah buah manggis = 36
Jumlah buah manga = 72
Jumlah seluruh buah yang dijual = 132
Selisih buah manggis dengan jambu = 12
Selisih buah mangga dengan jambu = 48

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah sebagai Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai. Semoga pembahasan di atas dapat mempermudah kalian dalam mengerjakan soal-soal mengenai perbandingan senilai atau seharga.


Mantep kan mas brow artikel :Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

,.. Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga dengan alamat link http://www.soalpendidikan.com/2016/05/cara-mudah-menghitung-perbandingan.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga"

Posting Komentar