Ketentuan Program Peduli Sesama

1. Setiap konten kegiatan sosial yang ditampilkan dalam situs ini akan direview setiap hari senin. 2. Program akan dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan. 3. Pendonor atau pemberi bantuan adalah secara suka rela dan tanpa paksaan secara iklhas. 4. Pendonor dan relawan mengerti bahwa segala kegiatan ini tanpa ada ikatan baik secara hukum pidana maupun perdata, semata untuk kepentingan sosial. 5. Bila ingin mengajukan program untuk ditampilkan, maupun saran silahkan hubungi contact person, aksarakuning@gmail.com

Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas

Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel ART, Artikel BURUNG DARI KERTAS, Artikel DIY, Artikel ORIGAMI, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas
link : Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas

Baca Juga

Origami merupakan seni lipat yang ditujukan untuk membentuk suatu pola yang menyerupai benda atau mahkluk hidup. Origami dipopulerkan oleh Jepang. Bahan yang digunakan untuk membuat seni origami adalah kertas atau bisa juga menggunakan kain. Bahan biasanya berbentuk persegi dengan warna yang beragam. Kertas yang digunakan untuk membuat karya seni origami disebut kertas origami. Kertas origami biasanya menggunakan warna-warna yang cerah dan dijual di pasaran dengan berbagai ukuran. Kini seni origami dikenal di semua negara dan menjadi salah satu seni yang terus berkembang. Banyak karya yang bisa dihasilkan melalui seni lipat ini mulai dari bentuk-bentuk sederhana hingga bentuk-bentuk yang rumit seperti bentuk hewan.

Biasanya orang akan menggunakan kertas origami untuk membuat suatu karya lipat karena warna-warnanya cerah dan tersedia dalam beberapa ukuran. Akan tetapi, pada kesempatan ini kita akan mencoba membuat suatu karya origami menggunakan kertas bekas.

Menggunakan kertas bekas sebagai bahan untuk membuat origami bisa menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita. Sebagai pelajar tentu kamu akan menemukan beberapa buku bekas atau kertas-kertas sisa yang sudah tidak digunakan lagi.

Daripada dibuang begitu saja, lebih baik kita manfaatkan untuk menghasilkan suatu karya. Walaupun sederhana, seni origami mempunyai nilai tersendiri yang membuatnya unik dan indah. Ya, hitung-hitung sekaligus melatih kreativitas.

Kali ini kita akan mencoba membuat origami berbentuk burung menggunakan kertas bekas. Pada contoh berikut, kertas yang kami gunakan adalah kertas sketch sisa yang sudah digambar di salah satu sisinya. Anda juga bisa menggunakan kertas lain yang mudah anda peroleh.

Karena kertas sketch yang kami gunakan berwarna putih, maka kertas tersebut diwarnai terlebih dahulu dengan corak arsiran menyerupai batik. Berikut beberapa contoh burung origami yang telah jadi.

membuat origami burung kertas

Bahan yang harus disediakan untuk membuat burung origami seperti gambar di atas adalah kertas putih, cat, dan gunting. Potong kertas menjadi persegi dengan panjang sisi sama dan warnai sesuai dengan keinginan. Pada contoh kami menggunakan corak sedemikian untuk menimbulkan efek bulu.

Langkah #1 - Pola Lipatan
Jika kertas yang digunakan sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat pola lipatan. Lipatan ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam membentuk burung yang kita inginkan.

Lipat kertas mengikuti sumbu lipat dan garis diagonalnya sehingga dihasilkan lipatan-lipatan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Origami Burung Dari Kertas Bekas

Setelah selesai, kembalikan kertas menjadi bentuk persegi kemudian perhatikan sudut-sudutnya. Lipat sisi kiri dan sisi kanan sudut sehingga tepat bertemu di garis diagonal dan membentuk layang-layang seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Origami Burung Dari Kertas Bekas

Lakukan langkah tersebut untuk masing-masing sudut. Karena ada empat sudut maka langkah tersebut dilakukan sebanyak empat kali. Kemudian kembalikan kertas ke bentuk persegi maka kita sudah memperoleh pola-pola yang terbentuk dari lipatan-lipatan tadi.

Langkah #2 - Pembentukan
Langkah selanjutnya, lipat kertas sekali terhadap diagonal sehingga terbentuk segitiga sama kaki. Selanjutnya ambil bagian alas segitiga dan tekuk ke dalam sesuai dengan lipatan yang kita buat sebelumnya.

Cara Membuat Origami Burung Dari Kertas Bekas

Lakukan penekukan bagian kiri dan kanan sehingga dieproleh persegi (belah ketupat) yang lebih kecil. Belah ketupat tersebut terdiri dari sisi depan dan sisi belakang. Selanjutnya tekuk lagi bagian sampingnya ke dalam mengikuti lipatan seperti terlihat pada gambar di atas.

Karena ada dua sisi belah ketupat, maka ada empat bagian yang akan ditekuk ke dalam (kiri dua dan kanan dua). Jika semua bagian sudah ditekuk, maka akan dihasilkan bentuk layang-layang seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Origami Burung Dari Kertas Bekas

Selanjutnya, ambil sisi kanan dan sisi kiri bagian bawah layang-layang dan lipat ke luar sehingga kedua bagian bertemu di garis lipatan. Ulangi langkah tersebut untuk bidang layang-layang bagian belakang. Selanjutnya gunting bagian bawah sedikit saja untuk membentuk kaki burungnya.

Langkah selanjutnya, lipat dua bagian yang kita potong tadi ke arah luar untuk membentuk kaki agar burung dapat berdiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Cara Membuat Origami Burung Dari Kertas Bekas

Sekarang kita sudah menentukan bagian kakinya. Selanjutnya ada 4 bagian yang mengarah ke atas yang akan kita lipat untuk menghasilkan bentuk sayap, ekor, dan kepalanya.

Bagian kiri dan kanan adalah bagian sayapnya. Lipat bagian itu sesuai keinginan sehingga membentuk sayap burung yang jika dilihat dari belakang akan terlihat seperti gambar di atas (tampak belakang).

Selanjutnya tersisa dua bagian yang akan digunakan sebagai kepala dan ekor. Lipat bagian depan sedemikian rupa agar menyerupai kepala dan paruh burung. Sedangkan bagian belakang lipat dan tarik sedikit lebar ke belakang agar menyerupai ekor.

Untuk mempercantik, tambahkan mata dan garis paruh menggunakan cat atau pensil. Burung origami dari kertas bekas pun sudah jadi. Selamat mencoba dan selamat bekreasi.


Mantep kan mas brow artikel :Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas

,.. Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas dengan alamat link http://www.soalpendidikan.com/2016/05/cara-membuat-burung-origami-dari-kertas.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Membuat Burung Origami Dari Kertas Bekas"

Posting Komentar